Fuih....

Entah kenapa, setelah ujian itu capeknya luar biasa. Padahal mungkin energi yang dikeluarkan untuk ujian itu gak seberapa dengan energi yang dipake buat belajar. Memang sih, gak ada data scientific yang bisa mendukung pernyataan gue ini. Hanya saja sepertinya dari jaman SMA dulu (SMP kayaknya masih belum susah deh ujiannya..hehehe) sampai sekarang kuliah lagi, kalo abis ujian rasanya gue gak bertenaga. Pengennya makan dan setalah itu langsung tidur. Hal tersebut terjadi lagi hari ini. Tadi pagi, gue ujian. Ujian keempat (kedua kalo ujian bahasa gak diitung) dari rencana 7 ujian yang akan gue ikuti. Dan seperti biasanya, abis ujian gue capek banget plus hari ini ditambah lagi kebelet 'beol'...hehehe

Sekitar 2 minggu yang lalu, gue pernah memposting mengeluhkan ujian di sini yang waktunya cepet banget. Nah, hari ini gue mengalami hal yang sebaliknya. Kalo 2 minggu lalu, hanya ada satu orang yang keluar sebelum waktunya, maka hari ini hampir setengah kelas keluar sebelum waktunya (termasuk gue..^_*). Kalau mau dibilang mudah, tidak juga, karena emang 'mayan susah menurut standar gue. Cuma yang rada membantu adalah dipublishnya Klausur (ujian) tahun-tahun sebelumnya yang bisa di download. Hal ini menguntungkan sekali bagi gue, yang kalo ujian biasanya belajarnya cuma ngebahas soal aja...hehehe, karena gue jadi ada gambaran mengenai tipe soal yang kira-kira bakalan keluar. Yang lebih mengejutkan dan menggembirakan tentunya, ternyata dua dari empat soal ujian tadi pagi itu sama persis dengan Klausur lama tersebut dan gue bisa berkata bahwa gue ngerjainnya sambil 'tutup mata' (sombong dikit ah....hehehe). Gimana gak? Soalnya sama persis, Multiple Choice pula dan sudah pernah dibahas sama Profesornya lagi, jadi jawaban persisinya dah gue tahu, sampe huruf jawabannya gue dah hapal, so gak perlu liat soal lagi...^_^ Sepertinya dia kasi bonus biar banyak yang lulus soalnya tahun-tahun sebelumnya, kuliah ini terkenal sangar, banyak yang failed. So, dua soal udah di tangan dan itu sudah cukup untuk sekedar lulus dengan nilai 4 (di jerman nilai pake angka 1-5, satu tertinggi, lima gak lulus). Dua soal yang lain benar-benar baru dan cukup rumit juga. Cuma kayaknya tadi gue 'mayan bisa mengerjakan soalnya. Setidaknya naikkin nilailah, gak mau dong hanya sekedar lulus aja. Cuma takutnya, ini hanya sekedar 'feeling' gue aja. Oh ya, di sini ada peraturan yang menyatakan kita tidak boleh mengulang Ujian yang sudah lulus. Jadi jika kita sudah dapat 4 (lulus lho), maka kita tidak boleh mengambil ujian lagi untuk memperbaiki nilai. So, dari target pertama gue sekedar lulus (4 aja udah seneng banget deh...hehehe) maka sekarang gue bisa berharap mendapatkan nilai yang lebih baik. Semoga aja 'feeling' gue kali ini bener.
Malam ini gue mau tidur enak, melupakkan sejenak bahwa minggu depan masih ada ujian yang menanti karena gue mau menikmati sisa hari ini.
Fuih....

Comments

Popular Posts